Recent Posts

Rabu, 02 Maret 2016

Panen Rupiah (Mengubah Hobi Menjadi Ladang Bisnis)



            Menurut wikipedia Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesai (KBBI), hobi berarti kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama. Merujuk pada pengertian di atas, hobi memang umumnya dilakukan untuk bersenang-senang pada waktu senggang, untuk melepas kepenatan setelah beraktivitas, misalnya untuk memanjakan diri setelah sibuk bekerja. Aktivitas pekerjaan memang kadang terasa sangat membosankan, apalagi penghasilan ayang anda dapatkan tidak pernah bertambah. Tapi tahukan anda jika hobi, sesuatu yang sangat kita senangi ternyata juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi kita. melakukan pekerjaan yang kita cintai akan terasa lebih ringan dan Anda pun menyenanginya, maka dari itu bekerja sesuai dengan hobi anda tentu saja tidak membuat kita cepat bosan.

            Pepatah lama mengatakan ‘do what you love, love what you do’. Maksudnya adalah kerjakanlah hal yang anda sukai, sukailah hal yang anda kerjakan. Jika kita melakukan suatu pekerjaan yang kita sukai, maka pekerjaan yang sebenarnya berat akan terasa ringan. Sebab terdapat cinta dan ketulusan saat kita melakukan pekerjaan tersebut.
Orang bilang pekerjaan yang paling ringan adalah hobi yang dibayar. Benarkah? Jika dipikir-pikir memang begitu adanya. Setiap orang pasti ingin menikmati pekerjaannya sekaligus menghasilkan pendapatan yang layak. 
            Bekerja sesuai hobi seprtinya memang sangat menyenangkan ya, di samping kita mendapatkan keuntungan, kita juga bisa untuk terus mengembangkan hobi kita. Nah, tapi, apakah anda sudah bisa menghasilkan uang dari hobi anda? Jika jawabannya belum, sebaiknya anda menyimak penjelasan berikut ini.

Tips Mengubah Hobi Menjadi Ladang Bisnis

 

1 Ajarkan apa yang anda sukai 

            Ini merupakan cara paling mudah menghasilkan uang dari hobi kita. Jika anda suka dunia komputer, maka buatlah kelas komputer di rumah anda khusus untuk anak-anak sekolah atau pun orang dewasa. Anda juga dapat memulai dengan kelas memasak, kelas melukis, kelas piano, kelas karate dan banyak lagi sesuai dengan hobi dan kemampuan anda. Jika anda mahir bahasa asing, membuka jasa bimbingan belajar juga berpotensi menghasilkan uang terutama bahasa Inggris atau Jerman. 

2 Jual kreasi anda 

            Jika hobi anda menghasilkan produk tertentu, maka cobalah untuk menjualnya kepada orang lain. Misalnya, jika anda punya keahlian membuat game, dan tidak ingin terikat dengan perusahaan. Maka cara lain untuk memperoleh penghasilan dari hobi anda adalah menjual hasil karya anda kepada perusahaan atau secara online.

3 Perluas wawasan anda 

            Gunakan pengetahuan yang anda miliki untuk mengembangkan hobi. Misalnya, jika anda suka fotografi, maka jangan hanya berhenti pada usaha penyediaan jasa fotografi. Tapi cobalah untuk merintis usaha lain seperti membuat album foto, lalu menjualnya secara online. Atau bisa juga membuat t-shirt dari foto hasil jepretan anda. 

            Pikirkan segala macam hal yang dapat anda lakukan, lalu kaitkan ide-ide tersebut dengan hobi anda untuk mengembangkan usaha dan potensi penghasilan anda. 

4. Ciptakan brand anda 

            Agar produk anda bisa dikenal masyarakat luas, gunakanlah media sosial untuk menciptakan brand diri anda. Anda bisa membuat akun Facebook sebagai sarana promosi bisnis anda. Selain itu, anda juga bisa membuat blog/situs untuk memperkenalkan produk anda, usahakan brand anda bisa bersaing dengan orang lain.

5. Serius 

            Jika ingin sukses dalam berbisnis melalui hobi, kita tentu perlu meluangkan lebih banyak waktu ketimbang sebelumnya. Jangan lagi jadikan hobi sebagai ajang kesenangan dalam waktu senggang saja. Kita tidak bisa menjalankan bisnis kita setengah-setengah jika menginginkan hasil maksimal. Kita juga perlu melakukannya secara professional dan tidak semata karena hobi. Ada sebuah kata bijak yang mengatakan, jika kita melakukan hal secara setengah-setangah maka hasil yang akan kita dapat juga setengah-setengah.
            Nah, itu tadi Tips mengubah hobi menjadi bisnis dari saya, semoga bisa memberikan manfaat buat para sahabat semuanya. Intinya adalah cintailah pekerjaan yang sudah anda dapatkan, apapun itu, karena sesungguhnya itulah pintu rezeki anda yang berikan oleh Tuhan yang wajib kita syukuri.


Referensi :
http://kbbi.web.id/hobi Akses pada 03 Maret 2016
https://id.wikipedia.org/wiki/Hobi Akses pada 03 Maret 2016

Share:

1 komentar:

  1. thank nice infonya sangat membantu, kunjungi http://bit.ly/2AgqWFh

    BalasHapus