Recent Posts

Kamis, 03 Maret 2016

Tips Menulis Karya Ilmiah


            Karya Ilmiah merupakan hal yang tak terlepas dari Mahasiswa ataupun Pelajar. Sebagai mana yang telah saya sampaikan pada postingan sebelumnya, bahwa di SMTIK Amikom Yogyakarta, di semester dua kita akan dihadapkan dengan yang namanya Perkuliahan Lingkungan Bisnis, pada akhir perkuliahan nanti kita akan diberi tugas untuk membuat karya ilmiah. Itulah yang mendasari saya untuk membuat postingan ini.
Jika sahabat masih ingat, sewaktu di SMA kita sudah belajar tentang karya ilmiah, mungkin tidak cukup mendetail, atau jika sudah lupa, tak usah khawatir disini saya akan berbagi pengetahuan cara menulis karya ilmiah yang baik. Meskipun saya tidak begitu ahli dalam dunia tulis – menulis, mudah-mudahan postingan saya kali ini bisa bermanfaat. Khususnya buat para mahasiswa yang akan membuat karya ilmiah. Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita cari tahu apa sih arti dari Karya Ilmiah itu sebenarnya. Ada banyak pengertian karya ilmiah diantaranya:
·         Karya Ilmiah adalah sebuah tulisan yang berisi suatu permasalahan yang diungkapkan dengan metode ilmiah (Soeparno, 1997:51)
·         Karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodelogi penulisan yng baik dan benar (Arifin, 2003:1)
·         Karangan ilmiah merupakan suatu karangan atau tulisan yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuan dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya / keilmiahannya (Eko Susilo, M. 1995:11)

Dari dua pengertian diatas, dapat kita artikan bahwa pengungkapan dalam karya ilmiah itu harus berdasarkan fakta, bersifat objektif, tidak bersifat emosional dan personal. Dan disusun secara sistematis dan logis. Bahasa yang diunakanpun harusnya Bahasa Indonesia yang baik dan benar secara baku dan memperhatikan EYD dan pembentukan istilah. 

Ciri-ciri Karya Ilmiah
·         Struktur Sajian
Biasanya terdiri dari bagian awal (pendahuluan), bagian inti (pokok pembahasan), dan bagian penutup.
·         Komponon dan Substansi
Komponon dalamkarya ilmiah bervariasi sesuai dengan jenisnya.Namun, secara umum semua karya ilmiah mengandung struktur sajian seperti di atas. Untuk artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal mensyaratkan adanya abstrak.
·         Sikap Penulis
Sikap penulis dalam karya ilmiah adalah objektif, yang disampaikan dengan menggunakan gaya bahasa impersonal, dengan banyak menggunakan bentuk pasif, tanpa menggunakan kata ganti orang pertam atau kedua.
·         Penggunaan Bahasa
Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah adalah bahasa baku yang tercermin dari pilihan kata atau istilah, dan kalimat-kalimat yang efektif dengan struktur yang baku.

Jenis-jenis Karya Ilmiah
            Ada banyak jenis-jenis karya Ilmiah, beberapa diantaranya sudah sangat pamiliar bagi para pelajar, seperti makalah dan artikel. Berikut delapan jenis kary ailmiah yang saya kutip dari website kemahasiswaan UUI
1.      Artikel
2.      Makalah
3.      Kertas Kerja
4.      Paper
5.      Skripsi
6.      Tesis
7.      Disertasi
8.      Artikel Ilmiah Populer

Sistematika Karya Ilmiah
            Komponen-komponen penting dalam laporan penelitian dan muatan tiap-tiap bagian disusun dengan urutan sebagai berikut.
1)      Bagian Awal
a)      Halaman sampul/judul
b)      Halaman pengesahan
c)      Abstrak
d)     Kata pengantar
e)      Daftar isi
f)       Daftar Tabel (jika ada)
g)      Daftar gambar (jika ada)

2)      Bagian pokok/utama
a)      Pendahuluan (berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian)
b)      Kajian pustaka, kerangka teoretik, dan pembahasan
c)      Metode penelitian
d)     Hasil penelitian, pengujian hipotesis, dan pembahasan
e)      Penutup (berisi simpulan, dan saran)

3)      Bagian akhir
a)      Daftar pustaka
b)      Lampiran-lamiran (jika ada)

Langkah-langkah membuat Karya Ilmiah
1)      Cari Topik dan Judul
Langkah awal untuk membuat suatu karya ilmiah pastinya adalah menentukan topik dan judul. Topik adalah pokok pembicaraan dalam keseluruhan karangan yang akan digarap, sedangkan judul adalah nama, titel, atau semacam label untuk suatu karangan.

2)      Abstrak
Abstrak berisi intisari dari seluruh isi karya ilmiah. Mulai dari judul, metode, dan rumusan hasil/temuan. Abstrak ditulis dengan spasi tunggal. Untuk makalah abstrak cukup satu paragraf, sedangkan untuk laporan penelitian terdiri atas tiga paragraf.

3)      Kata Pengantar
Kata pengantar berisi puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang secara langsung berperan penting dalam kegiatan penulisan tersebut, dan permintaan kritik dari pembaca demi perbaikan.

4)      Pendahuluan
Pendahuluan berfungsi untuk menyadarkan pembaca akan pentingnya topik yang dibahas sehingga para pembaca merasa prlu untuk membaca lebih jauh pembahasannya.



5)      KajianPustakadanKerangkaTeoretik
Kajian pustaka berisi pembahasan tentang kajian-kajian terdahulu yang relevan dengan topik penelitian, sedangkan kerangka teoretik adalah seperangkat teori yang dipakai sebagai landasan penelitian.

6)      MetodedanPenelitian
      Metode penelitian tersebut meliputi apa yang atau siapa yang diteliti, bagaimana memilih sampel dari populasinya, data itu dikumpulkan dan dengan metode apa data itu dikumpulkan, teknik analisis data yang manakah yang digunakan.

7)      Pembahasan
      Pembahasan berisi analisis, pembahasan, dan pemaknaan data yang telah dikumpulkan.kelengkapan data yang diperoleh sangat mendukung kesahihan dari analisis. Dan, kecermatan analisis dan pemaknaan data sangat menentukan kualitas hasil kajian.

8)      Kesimpulan
      Kesimpulan merupakan hasil yang diperolah dari pemahasan masalah sesuai dengan tujuan penelitian. Oleh karena itu, kesimpulan harus menjawab permasalahan dan harus sesuai dengan tujuan.

Demikian penjelasan tentang karya ilmiah,semoga dapat bermanfaat, untuk teknik penulisannya akan saya posting menyusul, untuk contohnya klik disini!

Referensi:
Share:

4 komentar: